Bg

Berita - UIN SAID Surakarta

Perjalanan Dinas Ke UIN K.H. Ahmad Shidiq Jember

2 November 2021

Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) IAIN Surakarta merupakan lembaga yang memiliki tugas dalam mengawal implementasi penjaminan mutu di IAIN Surakarta. Tahapan yang sedang dikembangkan adalah implementasi sistem penjaminan mutu internal (SPMI), dan Sistem Penjaminan Mutu Eksternal (SPME). SPMI merupakan amanat Undang-Undang Pendidikan Tinggi dan SNPT yang tertuang dalam Permendikbud no 03 tahun 2020, yang harus dipenuhi oleh semua perguruan tinggi. Sementara SPME dilakukan oleh BAN PT dalam wujud akreditasi, termasuk di dalamnya tata kelola administrasi.

Dalam rangka pengembangan kualitas tata kelola administrasi di LPM IAIN Surakarta, dibutuhkan sharing dan koordinasi pengembangan tata kelola administrasi di Perguruan tinggi lain. Berdasar hal itu, LPM IAIN Surakarta menilai penting melakukan penjajakan kerja sama kelembagaan dalam kerangka inisiasi jejaring antar kampus untuk dalam pengembangan penjaminan mutu administrasi umum dan keuangan di UIN K. H. Ahmad Shidiq Jember.
Dengan penjajakan tersebut, dapat dilakukan sharing pengalaman masing-masing perguruan tinggi dalam pengembangan budaya akademinya, khususnya tentang penjaringan mahasiswa luar negeri.

Berangkat dari Surakarta dengan kendaraan Hiace pada hari Ahad, 28 November 2021 pukul 15.00 berangkat ke Jember dengan perjalanan darat bersama dengan 6 personil dari Tim LPM IAIN Surakarta, dan sampai di Jember pada malam hari pukul 00.00 siang dan langsung menuju Hotel penginapan di Jember. Pada hari Senin, 29 November 2021 pukul 10.00-15.00 diterima oleh Tim LPM UIN K. H. Ahmad Shidiq Jember. Kegiatan diawali dengan ramah tamah bertemu dengan Kepala Bagian Umum dan Humas UIN K.H. Ahmad Shidiq Jember dengan didampingi tim LPM UIN K. H. Ahmad Shidiq Jember. Pemaparan kegiatan dan program Pembangunan dan rencana penyambutan program Badan Layanan Umum (BLU) di UIN K. H. Ahmad Shidiq. Pemaparan tentang proses penerbitan izin produksi air minum dalam kemasan dengan merk “KHAS”, dengan kerjasama produksi songkok UIN KH. Ahmad Shidiq. Peninjauan Ma’had Al Jami’ah bagi mahasiswa dan mahasiswi UIN K. H. Ahmad Shidiq serta peninjauan masjid swadaya Dosen UIN K. H. Ahmad Shidiq. Pemaparan dan peninjauan local kantin UIN K. H. Ahmad Shidiq. Dalam paparannya, Kepala Bagian Umum Supadmo menjelaskan tentang rencana-rencana pembangunan UIN ke depan termasuk pembangunan kampus UIN di daerah pegunungan Lumajang hingga disebut “Kampus di atas awan” di atas tanah hibah. Kemudian rencanan pendiri fakultas perkebunan dan rencana pemberdayaan dosen dan karyawan UIN dalam peternakan kambing. Pukul 15.30 kembali ke hotel.

Pada hari Selasa 30 November 2021, Tim LPM UIN Raden Mas Said Surakarta kembali berkunjung ke UIN KHAS Jember guna meneruskan kegiatan studi banding. Pada hari ini akan ada diskusi pelaksanaan tata kelola administrasi di LPM UIN KHAS Jember. Kali ini tim berdiskusi dan berdialog dengan tim LPM UIN KHAS Jember, yang juga sedang melaksanakan monitoring proses re-akreditasi prodi. Ketua LPM UIN K. H. Ahmad Shidiq, Dr. Mursalin menyampaikan bahwa UIN KHAS Jember sedang dalam proses meningkatkan mutu Audit Mutu Internal di sana. Beliau menyampaikan LPM UIN KHAS Jember baru saja melakukan Pelatihan Audit Mutu Internal bagi segenap pengurus gugus mutu di UIN KHAS Jember. Pelatihan yang dilaksanaka selama 2 hari ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas akreditasi di kampus melalui SPMI untuk menuju akreditasi unggul di setiap program studi. Pertemuan tersebut selesai pada pukul 15.30, dan kemudian tim LPM UIN Raden Mas Said pulang menuju hotel untuk istirahat. Pada hari Rabu tanggal 1 Desember 2021 tim LPM UIN Raden Mas Said pulang menuju Surakarta dengan jalur darat melalui jalan tol, dengan rute, Jember, Surabaya, Surakarta.