Bg

Berita - IAIN Surakarta

LPM UIN Said Adakan Workshop Penyusunan Out Come Based Education PTKI

16 September 2022

Surakarta-bertepatan tanggal 14 September 2022 bertempat di Hotel Adhiwangsa Solo, LPM UIN Raden Mas Said Surakarta menyelenggarakan Workshop Penyusunan OBE (Out Come Based) Education Perguruan Tinggi Keagamaan Islam. Pada kesempatan tersebut diikuti oleh perwakilan dari Lembaga, Unit dan Fakultas dilingkungan UIN Raden Mas Said Surakarta. Acara tersebut menghadirkan pembicara dari Universitas Negeri Semarang Prof. Dr. Edi Cahyono, M.Si. Acara tersebut juga diselenggarakan selama 2 hari.

Dalam sambutan sekaligus laporan kegiatan Ketua Lembaga Penjaminan Mutu UIN Raden Mas Said Surakarta Dr. Raden Lukman Fauroni, M.Ag. menyampaikan terkait teknisi Kurikulum OBE adalah kurikulum dengan menempatkan outcome sebagai acuan utama sehingga pegukurannya adalah ketercapaian outcome atau tidak. Berbeda dengan kurikulum berbasis proses yang mana ketika input sudah dijalankan, outcome tidak menjadi acuan. Melainkan kedepannya ketika outcome sudah diterapkan maka ukurannya adalah tercapai atau tidaknya outcome tersebut. Dengan Workshop OBE ini maka nantinya, lulusan perguruan tinggi tidaklagi gagap dengan kebutuhan riil di dunia kerja. Hal sama juga berlaku di perguruan tinggi di lingkungan Kementrian Agama, salah satunya adalah UIN Raden Mas Said Surakarta.

Selama kegiatan berlangsung yang terelibat dari berbagai pihak tentunya telah mencurahkan tenaga dan pikirannya, ditengah kesibukan masing-masing dalam melaksanakan tugas utamanya. Selama kegiatan berlangsung banyak sekali ilmu baru terkait Workshop Penyusunan Out Come Based Education Perguruan Tinggi Keagamaan Islam dari pembicara yang banyak memberikan arahannya sehingga kegiatan tersebut berjalan dengan baik.